Tag Nama Otomatis, Cara Baru Hacker Mengelabui User Facebook

Admin merasa perlu untuk menulis artikel berikut ini yang kembali berbicara mengenai Facebook. Ya, Facebook. Jejaring sosial (yang penuh iklan) ini memang tidak pernah ada habisnya untuk terus dibahas dengan berbagai topik yang tentunya menarik untuk diikuti.

Kini topik terbarunya, hacker (atau cracker, terserahlah) menemukan cara baru dalam memanipulasi sistem Facebook dengan memasang sistem tag nama otomatis melalui kiriman komentar teman di Facebook. Hmm,, agak sedikit bingung bagaimana cara penjelasannya. :/

Trik yang dilakukan hacker ini mulai merebak sekitar pertengahan Januari lalu, atau setidaknya disaat itulah tag-tag nama otomatis ini mulai menghampiri akun Facebook admin.

"Jangan di salah gunakan"? Omong kosong paling basi yang pernah admin baca.

Agar lebih mudah dimengerti (semoga), berikut 'analisa' singkat yang bisa admin jelaskan dari "permasalahan" ini.

Pertama, hacker mengelabui beberapa pengguna Facebook dengan memasang sebuah foto atau gambar menarik yang menunjukkan trik 'hacking' atau trik 'unik' apa saja, yang cara kerjanya adalah  dengan cara mengubah beberapa bagian script dari halaman Facebook menggunakan browser.

Iming-imingan trik yang diberikan sepertinya terlihat sangat menarik, seperti trik mengetahui password teman Facebook, atau merubah tampilan Facebook dengan tema yang keren.

Karena menarik dan membuat penasaran, beberapa (lebih tepat, sebagian besar) pengguna Facebook akhirnya dengan mudah 'tertipu' dan segera mengikuti langkah-langkah yang diberikan hacker untuk mendapatkan hasil seperti yang ada di foto tersebut.

Nah, alih-alih mendapatkan hasil yang diinginkan seperti pada gambar/foto, pengguna Facebook yang mengikuti 'trik' (omong kosong) yang diberikan, justru mengaktifkan sistem tag otomatis tag yang sebenarnya diberikan oleh hacker tersebut.

Disinilah kemudian masalah yang sesungguhnya dimulai. Akun pengguna Facebook yang telah mengikuti trik yang diberikan, kemudian secara otomatis akan mengirimkan komentar pada foto 'tutorial hacking' tersebut dengan memasang tag-tag nama teman mereka yang ada di daftar pertemanannya.

Dan sepertinya komentar otomatis itu terus dikirimkan berulang-ulang sampai seluruh nama yang ada di daftar pertemanannya telah terkirim pada komentar.

Nah, dengan banyaknya daftar nama baru yang di tag pada komentar foto itu, orang-orang yang namanya di tag itu akan melihat foto yang sama, dan kemungkinan akan terjerumus juga pada penipuan hacker ini. Semakin banyak nama yang di tag, semakin banyak pula kemungkinan pengguna Facebook yang berhasil dikelabui dan akhirnya kiriman foto tersebut menjadi sangat populer dalam waktu singkat dengan jumlah komentar (yang sebagian besar hanya berisi tag nama) dan jumlah like dari kiriman foto tersebut.

Kurang lebih, itu adalah hasil dari analisa singkat (padahal panjang) yang bisa admin pahami dengan menggunakan logika. XD

cara lihat password fb teman, penipuan intip password facebook
Dengan cara yang sangat membuat penasaran, "Cara mengetahui password Facebook teman", banyak user Facebook yang mudah tertipu dan akhirnya akun mereka berhasil diretas dengan terpasangnya fitur auto-tag ini.

Langkah yang dilakukan oleh hacker ini langsung mendapat perhatian penuh dari admin ketika pertama kali mendapatkan tag oleh salah satu teman di Facebook.

Karena merasa terganggu dengan pemberitahuan tag nama ini, admin kemudian melakukan sejumlah penelusuran di internet mengenai bagaimana caranya menghapus, atau bahkan mencegah orang untuk memasang tag nama dengan sembarangan.

trik palsu fb, tema facebook, fake custom facebook
Ada beberapa teknik yang diupayakan hacker untuk mengelabui user, contohnya seperti menampilkan tips cara membuat tampilan tema menarik untuk Facebook".

Tapi sayangnya, sejauh yang telah admin telusuri, tidak ada cara untuk menghapus tag nama kita dari komentar jika itu hasil kiriman komentar orang lain. Dan karena kita tidak dapat menghapus maupun mencegah teman untuk melakukan tag nama pada komentar, satu-satunya hal yang bisa dilakukan hanyalah menghiraukannya saja jika suatu saat mendapatkan pemberitahuan "teman menyebut anda dalam sebuah komentar...".

Asalkan anda tidak mempraktikkan langkah-langkah yang diberikan, akun Facebook anda masih akan aman.

Satu hal yang juga cukup penting, usahakan untuk berpikir sejenak secara 'cerdas' ketika kita menemukan informasi atau gambar di Facebook, yang bertuliskan tips atau trik yang kedengarannya mustahil maupun ajakan untuk mendownload hal-hal berbau pornografi, dan sebagainya, karena bisa saja itu merupakan penipuan yang sedang dilakukan oleh seseorang untuk meretas akun anda.

Coba periksa kembali dari mana asal informasi yang baru saja ditemukan, bisa dipercaya atau tidak. Coba baca juga kiriman komentar terdahulu yang berasal dari foto/gambar tersebut. Pikirkan dengan bijak, jangan mudah tergiur dengan sesuatu yang ditawarkan tanpa dipertimbangkan terlebih dahulu. :)

Simon Child Sr.

Pemilik dan pengelola Simon Child Blog. Saat ini sedang belajar di Institut Pengangguran Sementara Indonesia. Bercita-cita menjadi seorang Pengangguran Profesional. #LOL

Dapatkan Update Artikel Terbaru melalui Email!

4 komentar

  1. wah... Saya pernah kena tuh, dan ga ada hasi;'a....
    ternyata hacker ya, .. :D
    thanks untuk artike'a Simon...

    BalasHapus
  2. makasih Gan ini jadi pelajaran buat saya and kita2 semua.... (y) (y)

    BalasHapus
  3. makasih Gan ini pelajaran buat kita2... (y) (y)

    BalasHapus
  4. Makasih kak..atas infonya...

    BalasHapus

Ada yang ingin disampaikan terkait dengan artikel ini?

 
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Redesigned by Simon Child Blog © 2012-2014
Posts RSSComments RSS
AboutContactPrivacy Policy